Hama Tanaman Alpukat Dan Cara Pemberantasanya

Hama Tanaman Alpukat Dan Cara Pemberantasanya : Alpukat merupakan tanaman dengan buah pada umumnya berwarna hijau dan memilki daging buah dengan rasa gurih sedikit manis. Buah alpukat memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh anda. Karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh, maka harga komoditi buah ini relatif stabil. Oleh sebab itu banya orang membudidayakan tanaman ini sebagai konsumsi sendiri atau untuk dijual. Namun ada beberapa kendala dalam membudidayakan tanaman alpukat salah satunya adalah gangguan dari ulat daun. Hama ulat sering kali menyerang daun alpukat sehingga daun habis. Akibat dari serangan ulat seperti melambatnya pertumbuhan tanaman hingga akubat paling buruk adalah matinya tanaman.

Hama Alpukat, Memberantas Hama Alpukat

Hama Tanaman Alpukat Dan Cara Pemberantasanya

Berikut merupakan beberapa jenis Hama Tanaman Alpukat Dan Cara Pemberantasanya :

  1. Ulat Kupu-Kupu Gajah (Attacus Atlas L). Kupu-kupu jenis ini mampu tumbuh memiliki bentangan sayap mencapai 25 cm, berwarna coklat kemerahan dengan corak segitiga transparan. Ulat kupu-kupu ini berwarna hijau dengan panjang 15 cm, memiliki duri berdaging dan diselimuti tepung berwarna putih. Pada saat berbentuk kepompong akan  memilki kulit berwarna coklat dan bersembunyi di balik daun. Cara memberantas ulat ini menggunakan insektisida berbahan aktif Monokrotofos atau Sipermetein dengan dosis 1-3 cc/liter.
  2. Ulat Kipat (Cricula Trisfenestrata Helf) merupakan ulat berwarna hitam denga bercak putih dan dipenuhi rambut putih, panjang ulat ini sekitar 6 cm. Pada serangan berat bisa berakibat daun-daun tidak utuh bahkan habis, tetapi tidak membunuh tanaman.Cara memberantas ulat ini menggunakan insektisida berbahan aktif Monokrotofos atau Sipermetein dengan dosis 1-3 cc/liter.
  3. Aphis Kapas, memilki warna hijau sampai hitam atau kuning coklat. Hama ini akan mengeluarkan embun madu yang biasanya ditumbuhi cendawan jelaga sehingga daun berwarna hitam dan membuat semut berdatangan. Akibat buruk dari serangan hama ini adalah tanaman akan menjadi kerdil dan daun melipat. Cara pemberantasan hama ini dengan menggunakan insektisida berbahan aktif Asefat atau Dimetoat.
  4. Kutu Dompolan Putih (Pseudococcus Citri Risso) hama ini memiliki tubuh berwarna coklat kekuningan sampai merah orange, tertutup tepung putih dengan bentuk tubuh elips dan panjang 3 mm. Kutu ini memiliki tonjolan di tepi tubuhnya sebanyak 14-18 pasang, dan terpanjang terletak pada pangkal pantatnya. Akibat dari serangan hama ini seperti pertumbuhan tanaman melambat, pucuk daun, batang, tangkai bunga, pangkal buah dan buah yang terserang akan berwarna pucat dan lama-kelamaan akan megering. cara memberantas hama ini menggunakan insektisida berbahan aktif Formotion, Monokrotofos, Dimetoat dan Karbatil.

Demikianlah informasi mengenai berbagai jenis Hama Tanaman Alpukat Dan Cara Pemberantasanya. Selamat menerapkan informasi diatas dan semoga anda berhasil. Terakhir, Tetap hijaukan Bumi Kita.

    hama alpukat cara membasmi ulat di pohon alpukat ulat pohon alpukat mengatasi hama ulat tanaman alpukat cara membasmi ulat pohon alpukat