Manfaat Gula Merah

Manfaat Gula Merah : Pada umumnya masyarakat Indonesia mengenal gula merah sebagai bumbu masak. Gula merah merupakan gula hasil olahan air Nira atau Legen dari pohon Kelapa bisa juga dari pohon Aren. Gula merah didapat dengan cara merebus air nira sampai mengental dan berwarna Kuning Kecoklatan, selanjutnya dituang ke dalam cetekan-cetakan kecil dari bambu atau batok kelapa. Setelah gula dingin dan mengeras, gula dapat dikonsumsi atau dijual ke pengepul.

Gula merah sangat terkenal dikalangan masyarakat Indonesia, karena gula ini selalu ada dalam kehidupan masyarakat sebagai contoh gula merah hampir selalu digunakan sebagai bumbu masakan khas Indonesia. Gula merah memiliki berbagai Varian jenis dan rasa, berdasarkan pohon penghasil niranya. Rasa manis dari gula merah juga ditentukan oleh kualitas dari air nira. Sebagian orang salah mengerti tentang rasa manis dari gula merah, rasa manis ini sering dianggap tidak baik bagi kesehatan manusia.

Kandungan Gula Merah, Khasiat Gula Merah

Manfaat Gula Merah

Jika dikonsumsi dalam jumlah benar gula merah akan memberikan manfaat baik bagi tubuh manusia seperti meningkatkan Vitalitas dan Kesehatan Tubuh. Dengan kenyataan seperti ini anda tidak perlu kuwatir untuk menggunakan gula merah sebagai bumbu masakan atau pemanis minuman. Gula merah memiliki rasa manis berbeda dari Gula putih, karena selain manis gula merah juga terasa gurih, hal ini mampu merangsang nafsu makan anda.

Selain memiliki rasa gurih setiap 100 gram gula merah juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh seperti Zat Besi 4 mg, Kalsium 90 mg, dan Karoten. Kandungan kadar gula dalam gula merah lebih rendah dari gula putih sehingga gula merah bisa dikonsumsi penderita diabetes dan sangat baik untuk menurunkan kadar lemak tak jenuh dalam tubuh. Gula merah juga mengandung berbagai nutrisi lain seperti Vitamin A, B12, C, E, Folat, Protein Kasar dan Garam Mineral.

Gula merah memiliki sifat Hangat dan Manis Alami, didalam gula merah terkandung zat untuk Menguatkan Limpa, Menambah Darah, Memperlancar Peredaran Darah, Mengurangi Nyeri dan Memberi Rasa Hangat Pada Lambung. Gula merah juga baik dikonsumsi untuk wanita dengan siklus haid tidak teratur. Mengkonsumsi gula merah dengan takaran pas dan teratur bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Demikianlah Informasi mengenai berbagai manfaat dan kandungan nutrisi dari gula merah, semoga informasi ini bermanfaat bagi kesehatan anda dan keluarga.

    manfaat gula merah kandungan gula merah khasiat gula merah kandungan gula jawa gula merah