Manfaat Daun Randu

Manfaat Daun Randu : Randu atau Kapuk merupakan tanaman tropis dan berasal dari daratan bagian utara Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Karibia. Pohon tanaman ini mampu tumbuh sampai tinggi 60-70 meter dengan diameter batang mencapai 3 meter. Tanaman ini banyak dibudidayakan di Asia, terutama di pulau jawa oleh sebab itu tanaman ini juga dikenal sebagai Kapok Jawa. Pada umumnya pembudidayaan tanaman ini bertujuan untuk memanfaatkan buahnya saja. Buah randu biasanya dimanfaatkan secara trdisional untuk isi bantal atau tempat tidur (Kasur). Efek empuk dari serat buah randu bisa memberikan kenyamanan saat beristirahat.

Kegunaan Daun Randu, Khasiat Daun Randu.

Manfaat Daun Randu

Selain buahnya, Daun tanaman ini juga memiliki berbagai manfaat menguntungkan bagi manusia. Sayangnya karena kurangnya pengetahuan mengenai manfaat dan kegunaan menyebabkan daun tanaman ini hanya dimanfaatkan sebagai makanan ternak. Daun randu majemuk dengan 5 sampai 9 tangkai panjang, helai daunya berbentuk lanset atau memanjang namun tidak berbulu. Panjang helai daun randu bisa mencapai 5 cm sampai 16 cm. Daun randu berbau lemah, terasa pahit, dan kelat. Daun tanaman ini mengandung Hidrat Arang, Zat Penyamak dan Damar sehingga terasa pahit.

Berikut Merupakan Berbagai Manfaat Daun Randu :

  1. Obat Kumur, 2 sampai 10 gram daun randu segar dicuci bersih. Siapkan satu gelas air matang dan tuang dalam baskom, remas-remas daun randu ke dalam air tersebut sampai air berubah jadi berlendir. Saring air remasan tersebut dan gunakan untuk berkumur.
  2. Obat Penghilang Bekas Luka, daun randu secukupnya dan dicuci bersih. Basuh bagian bekas luka dengan air hangat selanjutnya digosok dengan daun randu berulang kali. Terakhir basuh dengan sabun dan air bersih. Lakukan secara rutin setiap mandi sampai bekas luka memudar dan hilang.
  3. Obat Sakit Mata, siapkan beberapa helai daun randu setelah itu dicuci bersih. Letakan daun randu kedalam wadah misal rantang atau baskom, tuangkan air bersih secukupnya. Remas-remas daun randu tersebut sampai air berubah menjadi berlendir. Saring air remasan tersebut dan gunakan untuk membasuh mata, caranya dengan mencelupkan mata kedalam air sambil mata dikedip-kedipkan didalam air. Cara ini akan menghilangkan kotoran dari dalam mata.
  4. Obat Penyubur Rambut, sediakan 15 helai daun randu lalu direbus dengan air sampai mendidih. Setelah dingin gunakan air rebusan tersebut sebelum anda keramas dengan shampoo. Caranya basahi rambut dengan air rebusan tersebut, pijat-pijat kulit kepala dan diamkan selama 1/2 jam, terakhir bilas dengan shampoo seperti biasa. Lakukan hal ini dua kali dalm satu minggu.

Demikianlah informasi mengenai berbagai manfaat dan kegunaan daun randu bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda, selamat mencoba dan semoga berhasil.