Manfaat Daun Pandan

Manfaat Daun Pandan : Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman satu ini, terutama kaum Hawa karena sering memanfaatkan daunnya sebagai bumbu pengharum masakan. Pandan atau Pandan Wangi merupakan perdu tahunan dengan bentuk batang bulat dan mampu tumbuh sampai 1 – 2 meter. Daun tanaman ini merupakan daun tunggal, duduk dengan pangkal memeluk batang dan tersusun tiga helai pada batang secara spiral. Daun pandan berbentuk seperti pedang, dengan warna Hijau sampai Hijau Tua. Pada umumnya daun pandan dimanfaatkan sebagai rempah untuk memberikan aroma harum pada masakan dan sebagai bahan baku pembuatan minyak wangi.

Kandungan Daun Pandan Wangi, Khasiat Daun Pandan Wangi.

Manfaat Daun Pandan Wangi

Daun Pandan bersifat Tonikum, perangsang nafsu makan dan penenang. Daun pandan memiliki berbagai kandungan bermanfaat seperti Alkaloid, Saponin, Flafoida, Tanin, Polifenol, dan Zat Warna. Karena memiliki berbagai kandungan bermanfaat, daun pandan dipercaya mampu menjadi obat untuk berbagai penyakit seperti Lemah Saraf, Tidak Nafsu Makan, Pegal Linu, Rematik, Rambut Rontok dan Ketombe.

Berikut Merupakan Berbagai Manfaat Daun Pandan Wangi :

  1. Obat Lemah Saraf, 3 lembar daun pandan dicuci bersih dan diiris tipis-tipis. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 2 gelas air saja. Setelah air rebusan dingin, minum pagi dan sore sama banyak.
  2. Obat Ketombe, 2-5 lembar daun pandan dicuci bersih kemudian diiris kecil-kecil. Tumbuk daun sampai halus dan gunakan hasil tumbukan untuk mengusap-usap kulit kepala.
  3. Obat Rematik dan Pegal Linu, sebanyak 3 lembar daun pandan segar dicuci bersih kemudian diiris tipis-tipis. Seduh irisan daun tersebut dengan setengah cangkir minyak kelapa sambil diaduk merata. Setelah dingin, bisa digunakan sebagai obat gosok.
  4. Menghitamkan Rambut, siapkan 7 lembar daun pandan segar dipotong-potong kemudian direbus dengan 1 air sampai mendidih dan berwarna Hijau. Setelah air rebusan dingin, embunkan air rebusan tersebut selama satu malam. Pada pagi harinya canpur denga air perasan 3 buah mengkudu matang. Gunakan air campuran tersebut untuk membasuh rambut, lakukan sebanyak 3 kali dalam satu minggu.

Demikianlah informasi mengenai berbagai kandungan dan manfaat daun pandan. Semoga informasi kesehata ini bermanfaat bagi kesehatan anda dan keluarga. Selamat mencoba dan semoga sehat selalu.

    manfaat daun pandan Khasiat daun pandan daun pandan manfaat pandan kandungan daun pandan